IT Infrastuktur Library
IT Infrastuktur Library
Menurut Wikipedia
Information Technology Infrastructure Library adalah suatu rangkaian dengan
konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi
teknologi informasi (TI).
Information
Technology Infrastructure Library diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang
masing-masing membahas suatu topik pengelolaan (TI). Nama IT Infrastructure Library merupakan merek
dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya.
Walaupun
dikembangkan sejak dasawarsa 1980-an, penggunaan IT Infrastuktur Library baru
meluas pada pertengahan 1990-an dengan spesifikasi versi keduanya (IT Infrastuktur
Library v2) yang paling dikenal dengan dua set bukunya yang berhubungan dengan
ITSM (IT Service Management), yaitu Service Delivery (Antar Layanan) dan
Service Support (Dukungan Layanan).
Pada
tanggal 30 Juni 2007, OGC menerbitkan ITIL versi 3 yang terdiri dari lima
bagian dan lebih menekankan pada pengelolaan siklus hidup layanan yang
disediakan oleh teknologi informasi. Kelima bagian tersebut adalah :
1. Service Strategy : Memberikan panduan
kepada pengimplementasi ITSM pada bagaimana memandang konsep ITSM bukan hanya
sebagai sebuah kemampuan organisasi. Proses –proses yang dicakup dalam Service
Strategy :
2. Service Design : Berisikan
prinsip-prinsip dan metode desain untuk mengkonversi tujuan strategis
organisasi TI dan bisnis menjadi portofolio/koleksi layanan TI serta aset-aset layanan, seperti
server,storage dan sebagainya. Proses-proses yang dicakup dalam Service Design,
yaitu :
3. Service Transition : Menyediakan panduan
kepada organisasi TI untuk dapat mengembangkan serta kemampuan untuk mengubah
hasil desain layanan TI baik yang baru maupun layanan TI yang dirubah
spesifikasinya kedalam lingkungan operasional.
4. Service Operation : Merupakan tahapan
lifecycle yang mencakup kegiatan operasional harian pengelolaan layanan-layanan
TI. Di dalamnya terdapat panduan bagaimana mengelola layanan TI secara efektif
dan efisien. Proses-proses yang dicakup kedalam Service Operation :
5. Continual Service Improvement :
Memberikan panduan penting dalam menyusun serta memelihara kualitas layanan
dari proses desain, transisi dan pengoprasiannya. CSI mengkombinasikan berbagai
prinsip dan metode dari manajemen kualitas.
Manfaat Information
Technology Infrastructure Library :
Dengan
menyediakan pendekatan sistematis untuk manajemen layanan TI, ITIL dapat
membantu sebuah perusahaan dalam cara berikut:
·
Mengurangi
biaya
·
Peningkatan
layanan TI melalui penggunaan proses-proses praktek terbaik yang telah terbukti
meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pendekatan yang lebih profesional untuk
pelayanan standar dan pedoman
·
Meningkatkan
produktivitas
·
Meningkatkan
penggunaan keterampilan dan pengalaman
·
Meningkatkan
penyampaian layanan pihak ketiga melalui spesifikasi ITIL atau ISO 20000
sebagai standar untuk pengiriman layanan pengadaan jasa
1. https://id.wikipedia.org/wiki/ITIL
2. https://alfiseptian1ka24.blogspot.com/2017/04/pengertian-itil-information-technology.html
Komentar
Posting Komentar