Manajemen Layanan Sistem Informasi


Pengertian dan Manfaat Manajemen Layanan Sistem Informasi


Pengertian Manajemen Layanan Sistem Informasi

Manajemen layanan sistem informasi merupakan suatau manajemen yang memiliki peran sebagai sistem yang memastikan layanan yang diberikan perusahaan memiliki kualitas yang baik sesuai standard yang sudah ditetapkan.

Dikutip dari Wikipedia “Manajemen Layanan SIstem Informasi juga dapat diartikan sebagai suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. Manajemen Layanan Sistem Informasi merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi.”

Terdapat beberapa pengertian manajemen layanan sistem informasi menurut para ahli, yakni:

·         Menurut Michael Wedemeyer, ITSM adalah suatu IT Service Management yang memiliki kemampuan untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk layanan; dan Kemampuan itu bertujuan untuk lebih meningkatkan ke-efektif-an dan efisiensi dalam pemberian layanan kepada pelanggan.

·         Menurut Ivanka Menken, IT Service Management adalah manajemen dari semua proses yang bekerja sama untuk memastikan kualitas layanan, sesuai dengan tingkat layanan yang telah disepakati dengan pelanggan. Seperti inisiasi, desain, organisasi, pengendalian, pengadaan, dukungan dan peningkatan layanan TI, disesuaikan dengan kebutuhan organisasi pelanggan.

Manajemen layanan sistem informasi biasanya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi dan bukan pada pengembangan teknologinya. Contohnya, proses pembuatan perangkat lunak komputer untuk dijual bukan menjadi fokusnya, tetapi sistem komputer yang dipakai oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak lah yang merupakan fokus perhatian.

Manfaat Manajemen Layanan Sistem Informasi :

1.       Peningkatan mutu penyediaan layanan

2.       Biaya kualitas pelayanan dapat dibenarkan

3.       Pelayanan yang memenuhi bisnis, pelanggan dan tuntutan dari user

4.       Proses Bisnis yang terjadi dapat lebih terpusat

5.       Setiap orang mengetahui peran dan tanggung jawab mereka dalam penyediaan layanan

6.       Belajar dari pengalaman sebelumnya

7.       Indikator kinerja dapat dibuktikan.




Sumber :



1. https://id.wikipedia.org/wiki/ITSM
2. https://arifdlh.blogspot.com/2016/04/manajemen-layanan-teknologi-informasi.html
 

Komentar

Postingan Populer