Manajemen Layanan Sistem Informasi
Pengertian
dan Manfaat Manajemen Layanan Sistem Informasi
Dikutip dari Wikipedia “Manajemen Layanan SIstem Informasi juga dapat diartikan sebagai suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. Manajemen Layanan Sistem Informasi merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi.”
Terdapat beberapa pengertian manajemen layanan sistem informasi menurut para ahli, yakni:
·
Menurut
Michael Wedemeyer, ITSM adalah suatu IT Service Management yang memiliki
kemampuan untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk layanan; dan
Kemampuan itu bertujuan untuk lebih meningkatkan ke-efektif-an dan efisiensi
dalam pemberian layanan kepada pelanggan.
·
Menurut
Ivanka Menken, IT Service Management adalah manajemen dari semua proses
yang bekerja sama untuk memastikan kualitas layanan, sesuai dengan tingkat
layanan yang telah disepakati dengan pelanggan. Seperti inisiasi, desain,
organisasi, pengendalian, pengadaan, dukungan dan peningkatan layanan TI,
disesuaikan dengan kebutuhan organisasi pelanggan.
Manajemen layanan sistem informasi biasanya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi dan bukan pada pengembangan teknologinya. Contohnya, proses pembuatan perangkat lunak komputer untuk dijual bukan menjadi fokusnya, tetapi sistem komputer yang dipakai oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak lah yang merupakan fokus perhatian.
Manfaat Manajemen Layanan Sistem Informasi :
1. Peningkatan mutu penyediaan layanan
2. Biaya kualitas pelayanan dapat
dibenarkan
3. Pelayanan yang memenuhi bisnis,
pelanggan dan tuntutan dari user
4. Proses Bisnis yang terjadi dapat
lebih terpusat
5. Setiap orang mengetahui peran dan
tanggung jawab mereka dalam penyediaan layanan
6. Belajar dari pengalaman sebelumnya
7. Indikator kinerja dapat dibuktikan.
Sumber :
1. https://id.wikipedia.org/wiki/ITSM
2. https://arifdlh.blogspot.com/2016/04/manajemen-layanan-teknologi-informasi.html
Komentar
Posting Komentar